100,000,000,000,000 Dollar Zimbabwe

Posted by Eko Bayu Priawan Minggu, 17 Februari 2013 11 komentar

Rekor Baru Uang Kertas Pecahan 100 Triliun Dollar



           Berawal dari keisengan membuka artikel di Kaskus, saya tidak menyangka bahwa ternyata masih ada negara yang mengeluarkan mata uang dengan lembaran nilai tertinnggi di Dunia yaitu 100 Triliun Dolar. Karena unik saya akhirnya beli di Uang Kuno.net, saat itu tahun 2010saya membeli 100 T, 50T, 10T  @1 lembar untuk koleksi seharga total Rp 120.000 ( sekarang @ Rp 60.000 di Uang Kuno.net ) 


Gambar 100 T tampak Depan

Gambar 100 T tampak Belakang

Gambar 50 T tampak Depan

Gambar 50 T tampak Belakang

Gambar 10 T tampak Depan

Gambar 10 T tampak Belakang



Berikut beritanya :

Zimbabwe Adalah negara bagian Afrika Selatan, karena Perekonomian Zimbabwe terus mengalami kemorosotan selama beberapa waktu ini. Inflasi negeri ini terus meningkat hingga 2,2 juta persen,yang menjadi inflasi tertinggi di dunia. Akibat inflasi yang tinggi tersebut, bank sentral Zimbabwe sudah mengeluarkan 4 versi mata uang sampai sekarang. Terakhir kali bank sentral Zimbabwe mengeluarkan pecahan $ 100,000,000,000,000 (100 triliun dolar) yang menjadi uang dengan nominal terbesar didunia yang kemudian digantikan dengan dolar versi ke-4 dimana setiap $ 100,000,000,000 (100 Miliar dolar) uang lama digantikan menjadi $1 uang baru (Mata uang indonesia kurang lebih 9500 IDR)


Nilai mata uang negeri itu terdepresiasi sekitar 84 persen sejak Bank Sentral Zimbabwe mengambangkan kurs mata uang setelah bertahun-tahun mematok kurs. Menurut pengamat, melorotnya nilai mata uang dolar Zimbabwe dipicu oleh inflasi serta permintaan uang tunai yang luar biasa banyak.
‘’Nilai tukar didorong oleh permintaan terhadap valuta asing, serta keinginan untuk mengamankan dana menghadapi inflasi,’’ kata Mudzingwa Nhiwatiwa, analis pada ZABG Banking Group.
Inflasi Menggila
‘’Hal itu menunjukkan kapasitas valuta kami sangat rendah. Jika kami tidak mampu memulihkan ekspor dan produksi, dolar Zimbabwe akan terus terdepresiasi secara tajam,’’ kata dia.
Kapasitas produksi Zimbabwe yang banyak bergantung pada sektor pertanian, menurun tajam akibat krisis pertanahan. Presiden Robert Mugabe mengeluarkan kebijakan menyita lahan milik warga kulit putih untuk diberikan kepada warga pribumi.
Harga barang-barang kebutuhan pokok melambung tinggi sejak terjadi gejolak politik pascapemilu 29 Maret. Nhiwatiwa mengatakan, pembebasan sistem valuta asing yang tidak didukung dengan produksi mengakibatkan harga-harga meroket. Hal itu ditambah ketidakpastian politik akibat krisis pemilu.
Roti tawar yang dulu seharga 15 juta dolar Zimbabwe kini melonjak menjadi 600 juta dolar Zimbabwe. Satu liter minyak goreng harganya 2,5 juta dolar. Pada Februari lalu, inflasi di negeri itu mencapai 165.000 persen atau tertinggi di dunia. Angka inflasi makin menggila menjadi 1,8 juta persen pada Mei lalu. Dengan ekonomi yang terus memburuk sekarang bank sentral Zimbabwe memutuskan untuk membolehkan rakyatnya menggunakan mata uang dolar Amerika sebagai mata uang mereka untuk menstabilkan kembali ekonomi Zimbabwe.



Gambar Uang Bertumpuk Tapi Tak Bernilai

Gambar Orang Zimbabwe Beli Ayam




Gambar Penjual di Zimbabwe Barang Dagangannya 15 Milyar






Gambar Anak Kecil Bawa Uang untuk Beli Roti Seharga 600 Jt



TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: 100,000,000,000,000 Dollar Zimbabwe
Ditulis oleh Eko Bayu Priawan
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://duniaombayu.blogspot.com/2013/02/100000000000000-dollar-zimbabwe_17.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

11 komentar:

Unknown mengatakan...

HAHAHA, LEBIH HEBAT DARI GAYUS GAN XD

IntanNurjanah mengatakan...

waaahh ngerriii

Bisnis Borneo mengatakan...

mantap...
Gak mampu nol nya itu loh hhahahh

apza mengatakan...

Jadi inget Tukang Sapu nemu 100M dollar Zimbabwe mau tuker rupiah.. wew wew wew.. kalkulator ampe kaga muat di kalkulator

Unknown mengatakan...

Mantap dah gan game java

Unknown mengatakan...

Ke sono lah jual indomie

Z.Sitepu mengatakan...

kasian orang sana ya

Unknown mengatakan...

Gan ane boleh beli uangnya gk? Selembar doang

Unknown mengatakan...

Gan ane boleh beli uangnya gk? Selembar doang

Unknown mengatakan...

1 dolar zimbabwe brpa rupiah skrg?

Unknown mengatakan...

1 dolar zimbabwe brpa rupiah skrg?

Posting Komentar

Belajar SEO dan Blog support Online Shop Aksesoris Wanita - Original design by Bamz | Copyright of Hidup Ini Indah.